LATIHAN DASAR PENGELOLAAN RACANA OLEH PRAMUKA UAD GUNA MEWUJUDKAN PRAMUKA YANG MAJU DAN BERKUALITAS

YOGYAKARTA- Pramuka Universitas Ahmad Dahlan melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Pengelolaan Racana (LDPR) pada Minggu, 21 November 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara online, dihadiri kurang lebih oleh 35 anggota racana, Pembina, Alumni, dan beberapa perwakilan dari Bimawa UAD. LDPR merupakan salah satu program tambahan untuk membekali angggota racana.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kak Vera Yuli Erviana, M. Pd. selaku pembina putri Pramuka Universitas Ahmad Dahlan. “ Diharapkan seluruh anggota mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dapat menyerap materi serta dapat mengaplikasikannya dalam kegiatan racana. Semoga dengan adanya Latihan Dasar Pengeloaan Racana ini Pramuka Universitas Ahmad Dahlan menjadi lebih maju dan berkualitas lagi kedepannya”. Ungkap kak Vera dalam sambutannya.

Kemudian, dilanjutkan penyampaian program kerja oleh Dewan Racana Universitas Ahmad Dahlan masa bakti 2021/2022 yang terdiri oleh Biro Rohani, Biro Kerumahtanggan (RT), Biro Diklat, Pemangku Adat, Bendahara, Sekretaris, serta Ketua Dewan Racana.

Selain itu, Pramuka UAD menghadirkan narasumber dari Bimawa UAD yaitu kak Danang Sukantar, M. Pd. Beliau merupakan Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa. Materi yang beliau sampaikan yaitu tentang Manajemen Organisasi. Manajemen organisasi sangat perlu untuk diterapkan dalam semua kegiatan keorganisasian guna mencapai keberhasilan dalam kegiatan tersebut. Diantaranya proses manajemen itu ialah Perencanaan, Pengorganisasian, Kepemimpinan, Pengawasan, dan Staffing.

Dengan diselenggaraknnya kegiatan Latihan Dasar Pengelolaan Racana, dapat menjadi bekal seluruh anggota racana yang setelahnya dapat diterapkan dalam menjalankan tugas dan dapat mengelola racana dengan sebaik-baiknya.