UKM Pramuka UAD Lolos Pendanaan Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) oleh Kemendikbudristek

Pramuka Universitas Ahmad Dahlan (UAD) lolos pendanaan PPK Ormawa Kemendikkbudristek. PPK Ormawa (Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa) merupakan pelaksanaan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi mahasiswa.

Seleksi Internal dimulai pada tanggal 1 April 2022 hingga 21 April 2022, kemudian dilanjut dengan seleksi proposal oleh kemendikbudristek pada tanggal 1 Mei 2022 hingga diumumkannya pada tanggal 28 Mei 2022. Tim PPK Ormawa UKM Pramuka terdiri dari 15 mahasiswa dan 1 Dosen Pendamping. Ibu Vera Yuli Erviana selaku Dosen Pembimbing dan Guritno Danar Dana selaku ketua tim dalam PPK Ormawa UKM Pramuka. Tim PPK Ormawa UKM Pramuka mengangkat tema Desa Cerdas dengan judul “Optimalisasi Pojok Literasi Sebagai Upaya Mewujudkan Desa Kepek Menjadi Pusat Studi Literasi Menuju Desa Cerdas”.

Tempat pelaksanaan nya PPK Ormawa UKM Pramuka tersebut berada di Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan PPK Ormawa ini telah dilaksanakan sejak awal Juni 2022 dan berakhir pada November 2022. Tim PPK Ormawa UKM Pramuka ini berhasil mendapatkan dana Kemendikbudristek senilai Tiga Puluh Tiga Juta Ribu Rupiah dan mendapatkan dana dari Universitas senilai Dua Belas Juta Ribu Rupiah.

Program yang akan dilaksanakan yaitu implementasi gerakan G20 yaitu gerakan literasi nasional yang terdiri dari Literasi Baca Tulis, Literasi Numerik, Literasi Budaya, Literasi Digital, Literasi Sains, dan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. Tidak hanya itu saja tim PPK Ormawa UKM Pramuka UAD juga memliki program pembuatan web perpustakaan desa, perpustakaan keliling, dan pembuatan 5 titik pojok literasi di Desa Kepek sendiri. Tujuan dari program tersebut agar masyarakata Desa Kepek dapat kembali aktif dalam penerapan Literasi yang mana sempat vakum beberapa tahun terakhir, dan juga agar dapat meningkatkan minat baca anak hingga orang dewasa serta tepat dalam mengalihkan perhatian anak dalam penggunaan handphone yang tidak tepat. Begitu pula besar harapan TIM PPK Ormawa agar program ini akan terus berkelanjutan salah satunya menjadikan Desa Kepek menjadi Pusat Studi Literasi dan dapat pula menjadi desa binaan Universitas Ahmad Dahlan.