Belajar Astronomi Bersama Pramuka

YOGYAKARTA – Astronomi, kadang disebut sebagai ilmu bintang atau ilmu falak, adalah cabang ilmu alam yang meneliti benda langit (seperti bintang, planet, komet, dll) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik). Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit seperti asal usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

Astronomi sebagai ilmu adalah salah satu yang tertua, sebagaimana diketahui dari artifak-artifak astronomis yang berasal dari era prasejarah; misalnya monumen-monumen dari Mesir dan Nubia, atau Stonehenge yang berasal dari Britania. Orang-orang dari peradaban-peradaban awal semacam Babilonia, Yunani, Tiongkok, India, dan Maya juga didapati telah melakukan pengamatan yang metodologis atas langit malam. Akan tetapi meskipun memiliki sejarah yang panjang, astronomi baru dapat berkembang menjadi cabang ilmu pengetahuan modern melalui penemuan teleskop.

Pada kesempatan kali ini, Gerakan Pramuka Universitas Ahmad Dahlan bekerjasama dengan Kelompok Studi Antariksa dan Astronomi Universitas Ahmad Dahlan (ANDROMEDA) akan mengadakan kegiatan latihan berbasis daring yang akan membahas tentang Astronomi dengan tema “Mengenal Alat Navigasi Benda Langit dan Fenomena Alam Bulan Juni“.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Juni 2020 menggunakan aplikasi Google Meet, dengan pemateri Kak M. Fikri Sya’bani beliau adalah wakil ketua Andromeda UAD. dan  Kak Masriana Anisa br Damanik beliau adalah Koor Divisi Observasi Andromeda, dengan moderator Kak Elmawaddah Ersya selaku Sekretaris putri Pramuka Universitas Ahmad Dahlan.

Untuk mengikuti kegiatan tersebut, terdapat syarat dan ketentuannya, yaitu :

• Follow instagram @pramukauad & @andromeda_uad
  • Post poster ini ke IG story dan tag @pramukauad beserta 3 orang teman
  • Shere ke 3 Whatsaap Group