Sama seperti Ramadhan sebelumnya, UKM Pramuka Universitas Ahmad Dahlan menggelar acara buka bersama dengan anggota dan warga Panti Asuhan, untuk tahun ini panti asuhan Muhammadiyah Tuksono menjadi sasaran kegiatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu-minggu, 3-4 Juni 2017. Rangkaian kegiatan ini diantaranya Lomba-lomba keagamaan, Buka Puasa dan sahur Bersama.

Kak Khobirul Halim selaku Ketua Reka Kerja Buka Puasa Bersama dalam sambutannya menjelaskan, acara buka bersama yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program kerja dari Dewan Racana (Biro Kerohanian) yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan lingkungan diluar kampus. Sebelum kegiatan buka puasa bersama dilaksanakan, reka kerja melakukan penggalangan dana dengan membuka stand di kampus II dan kampus III Universitas Ahmad. Tidak hanya dana yang diterima, pakaian layak pakai pun terkumpul dalam penggalangan bantuan tersebut.

Setelah upacara pembukaan, dilaksanakan lomba-lomba berbasis keagamaan bagi santriwan dan santriwati, adapun lomba dalam acara rangkaian buka puasa tersebut diantaranya lomba mewarnai, lomba kaligrafi, hafalan surat-surat pendek, dan dai. Secara keseluruhan, santriwan dan santriwati mengikuti lomba-lomba tersebut dengan antusias.

Acara selanjutnya adalah acara inti, yakni Buka Puasa bersama antara warga racana dengan warga panti asuhan. Setelah kegiatan buka puasa, dilanjutkan dengan shalat taraweh berjamaah dan tadarus di masjid yang berada di samping panti asuhan. Keesokan harinya dilanjutkan dengan kegiatan sahur bersama dan shalat shubuh berjamaah di masjid yang sama. Setelah Shalat Shubuh, seluruh reka kerja dan warga panti kembali berkumpul di aula untuk pengumuman pemenang lomba yang telah diikuti.

Agenda yang terakhir adalah Upacara Penutupan. Kak Rino Abdurrozak selaku perwakilan alumni dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pihak panti asuhan yang telah memberikan kesempatan kepada anggota racana untuk berkegiatan di sana. Pada saat upacara penutupan, diserahkan pula sumbangan yang diperoleh reka kerja dari para donatur kepada pihak panti asuhan. Pihak panti pun mengucapkan terimakasih atas kepedulian dari Pramuka Universitas Ahmad Dahlan dan berharap silaturahmi antara Panti Asuhan dan UKM Pramuka tetap terjalin.

(RCT/RA)

Leave a Reply

%d bloggers like this: