Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Bagi Calon Pembina

Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) gelombang 2 tahun 2014, bagi mahasiswa PGSD UAD angkatan 2012/2013 telah dilaksanakan. KMD ini dilaksanakan selama 7 hari, tanggal 10 – 16 Juli 2014. Kegiatan yang mengangkat tema “Menciptakan Patriot Bangsa yang berakhlak dan berbudi luhur melalui Pramuka”, sebagai upaya membekali mahasiswa PGSD pengetahuan dan pengalaman praktis kepramukaan agar bisa menjadi Pembina pramuka di SD. Kegiatan ini wajib diikuti mahasiswa PGSD karena pada Kurikulum 2013 Pramuka menjadi ekstrakulikuler wajib di sekolah dasar.

Pelatihan KMD ini terselenggara atas kerjasama antara UKM Pramuka Universitas Ahmad Dahlan Gerakan Pramuka Gugus Depan Yogyakarta 1151-1512 dan Kwartir Cabang Kota Yogyakarta. Selain diikuti 155 mahasiswa PGSD UAD, kegiatan ini juga diikuti beberapa mahasiswa UAD diluar PGSD UAD, dan mahasiswa UNYserta mahasiswa UST. Untuk periode salanjutnya diharapkan peran serta dari mahasiswa UAD dari program studi yang lain.

Hadir pada upacara pembukaan Kaprodi PGSD Dra. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd dan Wakil Rektor III UAD Dr. Abdul Fadlil, M.T. Upacara pembukaan langsung dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Yogyakarta Drs. Edy Heri Suasana, M.Pd., MG dan berlangsung tertib di halaman kampus 5 UAD. Selama pelatihan mahasiswa mendapatkan pengalaman mengenai pendidikan, kepramukaan dan Pengembangan Kewiraan. Materi diberikan kepada peserta dalam bentuk teori dan praktek, sehingga peserta memahami pramuka tidak sekedar teori saja namun juga memahami penerapannya. Perkemahan sehari semalam di halaman Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Lowanu menjadi puncak kegiatan KMD. Melalui kegiatan KMD ini, peserta diharapkan menjadi Pembina Pramuka yang berkarakter dan dinamis dengan membawa semangat Amar ma’ruf nahi mungkar fastabiqul khoirat sesuai dengan jargon UKM Pramuka UAD.